Skip to main content

Bangsring Under Water, Wisata Pantai Banyuwangi, Terumbu Karang Banyuwangi


Obyek Wisata Pantai yang sedang dikembang dibanyuwangi saat ini adalah wisata bawah laut. dengan bentuk geomorfologi pantai selat Bali yang banyak terdapat terumbu karang, menjadikan daerah selat Bali khususnya di Bangsring sangat cocok dijadikan konservasi Terumbu Karang. Bangsring Underwater (Bunder) merupakan wisata alam bawah air yang berada di Utara Kota Banyuwangi yang tepatnya berada di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo. Meskipun tergolong masih baru, tetapi wisata alam ini sudah dikenal oleh masyarakat di luar kota Banyuwangi.

Rumah Apung Bangsring Under Water


Sebelum dijadikan obyek wisata bawah air, Bangsring Underwater ini merupakan kawasan yang diteteapkan sebagai Zona Perlindungan Terpadu yang dikelola oleh kelompok nelayan setempat, dibawah binaan Dinas Kelautan dan Perikanan. Kelompok nelayan yang bernama "Samudera Bakti" ini berdiri sejak tahun 2008 yang diprakarsai oleh H. Ichwan Arief. Pada saat itu, keadaan alam bawah laut desa Bangsring sangat mengenaskan karena akibat pengeboman ikan oleh nelayan yang tidak bertanggung jawab selama bertahun-tahun. Sehingga, kelompok nelayan membuat inisiatif untuk bekerja sama dengan polisi air laut setempat dan beberapa pihak yang berwenang.
Terumbu Karang Bangsring Under Water
Terumbu Karang Bangsring Under Water

Setelah beberapa tahun lamanya, perubahan demi perubahan telah dilakukan oleh H. Ichwan dkk mulai dari transplantasi terumbu karang dan penebaran bibit ikan hias. Dalam kegiatan tersebut, kelompok "Samudera Bakti" menggandeng instansi terkait seperti Dinas Kelautan dan Perikanan, Lanal Banyuwangi, Universitas 17 Agustus Banyuwangi dan instansi lainnya.
Fasilitas yang telah ada di lokasi wisata Bangsring Under Water diantaranya :
  • - gesebo
  • - free WIFI
  • - alat snorkling
  • - kamera underwater
  • - chasing waterproof
  • - perahu tradisional (bagi wisatan yang ingin berkunjung ke Pulau Tabuhan)
  • - kamar mandi untuk bilas
Rute untuk menuju tempat ini, jika kalian start dari Surabaya dapat naik KA Probowangi , KA Sritanjung atau KA Mutiara Timur turun di Stasiun Banyuwangi Baru atau Ketapang. kemudian perjalanan dilanjutkan dengan naik angkutan umum ke terminal Sri Tanjung , kemudian naik bus jurusan ke Situbondo dan turun di daerah Bangsring. Atau naik bis yang menuju ke surabaya (yang lewat jalut Utara). Dari Stasiun Banyuwangi Baru menuju Bangsring sekitar 15 menit. Jarak jalan raya dengan tempat wisata ini sekitar 300 m. Karena tidak ada angkutan menuju tempat ini, sehingga kita harus jalan kaki dari jalan raya menuju bibir pantai. Tempat wisata ini gratis untuk umum dan disediakan juga jasa persewaan alat - alat untuk snorkling seperti baju pelampung dan kaca mata penyelam. Harga sewa nya pun relatif murah. Tak perlu khawatir karena di tempat ini juga tersedia warung penjual makanan mulai dari mie rebus, ikan bakar, kopi, dll.
Dan rumah apung sebagai tempat transit saat akan snorkling. Jarak rumah apung ke bibir pantai berjarak sekitar 100 meter. Kita bisa menempuhnya dengan menyewa kapal tradisional milik nelayan. Rumah apung ini terdiri dari 4 bilik, tempat ini bisa juga disewa untuk keperluan meeting. Di sebelah utara rumah apung terdapat budi daya ikan hias dan di rumah apung juga terdapat fasilitas toilet umum. 



Comments

Popular posts from this blog

Pantai Watu Dodol, Watu Dodol, Patung Gandrung, Spot Mancing di Banyuwangi

PANTAI WATU DODOL Icon Selamat Datang Banyuwangi Wisata alam pantai Watu Dodol berada jalan utama masuk ke kota Banyuwangi. Di tandai dengan batu besar ditengah jalan yang menjadi tanda atau simbol dari pantai ini. Di samping itu terdapat patung patung penari gandrung yang khas banyuwangi dan bertuliskan “Selamat Datang di Kabupaten Banyuwangi”. sebagai icon selamat datang di banyuwangi bagi semua pengunjung dari arah Jember dan Situbondo. Jika kita turun ke area pantai, disitu akan ditemukan sumber air tawar yang keluar dari bebatuan yang tepat di pinggiran air laut. Keunikan lain yang dapat ditemukan di pantai Watu Dodol ini adalah batu karang yang bentuknya berbeda dengan batu karang kebanyakan. Batu karang di pantai Watu Dodol berwarna hitam mengkilap dan sangat keras. Tumbuhan kaktus juga banyak ditemukan tumbuh di sekitar bebatuan. tepat dibawah jalan raya, ditemukan goa peninggalan jepang sebagai pengintai di alur selat Bali. Patung Gandrung di Pantai Watu Dodol

Air Terjun Lider Songgon

AIR TERJUN DAN BAYU LOR LIDER Air terjun Lider adalah salah satu obyek wisata alam banyuwangi yang masih jarang dikunjungi. Letaknya yang agak jauh dari akses utama transportasi menjadi masalah utama. Obyek wisata ait terjun Lider ini terletak di lereng gunung Raung, di kawasan hutan lindung yang juga masuk dalam pengawasan Kawasan Resort Pemangku Hutan (KPRH) Perhutani Sidomulyo Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Kali Setail Kecamatan Sempu Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Banyuwangi Barat. Dinamakan Air Terjun Lider karena air terjun ini terletak di kawasan hutan lindung petak 74 Blok Lider. Secara administratif lokasi air terjun Lider ini masuk dalam wilayah dusun Sragi, desa Sumber Arum, Kecamatan Songgon. Berjarak ± 45 km dari pusat kota Banyuwangi. Perkebunan Pinus Menuju Lider, Jalur Menuju Air Terjun Lider Tumpahan air terjun memiliki tinggi ± 60 m. lokasi ini terletak sekita 1.300 m di atas permukaan air laut. Karena terletak dikawasan hutan lindung di lereng gunun

Baluran National Park, Baluran, Taman Nasional Baluran,

  BALURAN NATIONAL PARK Little Africa In Java Taman Nasional Baluran adalah salah satu  Taman Nasional  di  Indonesia  yang terletak di wilayah  Banyuputih, Situbondo  dan  Wongsorejo, Banyuwangi  (sebelah utara),  Jawa Timur ,  Indonesia . Nama dari  Taman Nasional  ini diambil dari nama gunung yang berada di daerah ini, yaitu  gunung Baluran . Taman nasional ini terdiri dari tipe vegetasi  sabana , hutan  mangrove , hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun. Tipe vegetasi  sabana  mendominasi kawasan Taman Nasional Baluran yakni sekitar 40 persen dari total luas lahan. Savana di Taman Nasional Baluran Kumpulan Rusa Liar Gunung Baluran Taman Nasional Baluran memiliki beberapa obyek dan daya tarik wisata alam yang cukup beragam, terdiri dari kombinasi berbagai bentang alam mulai dari ekosistem laut hingga pegunungan, savana, dan keanekaragaman jenis satwa dan tumbuhan. Beberapa daerah di