Skip to main content

Air Terjun Lider Songgon

AIR TERJUN DAN BAYU LOR LIDER

Air terjun Lider adalah salah satu obyek wisata alam banyuwangi yang masih jarang dikunjungi. Letaknya yang agak jauh dari akses utama transportasi menjadi masalah utama. Obyek wisata ait terjun Lider ini terletak di lereng gunung Raung, di kawasan hutan lindung yang juga masuk dalam pengawasan Kawasan Resort Pemangku Hutan (KPRH) Perhutani Sidomulyo Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Kali Setail Kecamatan Sempu Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Banyuwangi Barat. Dinamakan Air Terjun Lider karena air terjun ini terletak di kawasan hutan lindung petak 74 Blok Lider. Secara administratif lokasi air terjun Lider ini masuk dalam wilayah dusun Sragi, desa Sumber Arum, Kecamatan Songgon. Berjarak ± 45 km dari pusat kota Banyuwangi.
Perkebunan Pinus Menuju Lider, Jalur Menuju Air Terjun Lider
Tumpahan air terjun memiliki tinggi ± 60 m. lokasi ini terletak sekita 1.300 m di atas permukaan air laut. Karena terletak dikawasan hutan lindung di lereng gunung Raung, lokasi wisata air terjun Lider sangat sejuk dengan pemandangan hutan tropis yang hijau. Percikan airt terjun dengan buih-buih kecil menguraikan cahaya matahari mnejadi spectrum warna-warni pelangi yang indah.dan menakjubkan. Posisi air terjun yang jatuh di antara batuan besar yang berbentuk balok-balok persegi seolah menjuntai kebawah memberikan kesan tersendiri. Di sisi air terjun utama terdapat 4 air terjun kecil yang menjadi bagian dari air terjun utama. 
Selain terdapat air terjun Lider, di dekat lokasi juga terdapat air terjun Bayu Lor. Air terjun ini terdapat diterdapat di desa Bayu kecamatan Songgon. air terjun Bayu Lor mempunyai keunikan karena bentuknya yang bertingkat. Jika kita datang ke daerah Songgon pada musim durian akan memberikan kesan tersendiri. karena sebagai sentra penghasil durian, banyak terdapat jenis durian unggul di kec. Songgon. Jenis-jenis Durian Super yang terkenal dari Songgon di antaranya, Durian Merah, Durian Montong Kani, Durian Kasur dan beberapa jenis Durian Lokal yang berkelas.


Air Terjun Bayu Lor Banyuwangi
Air Terjun Lider Banyuwangi
Di sekitar lokasi wisata air terjun lider, yang terletak di kawasan hutan lindung, banyak di jumpai flora dan fauna khas hutan tropis. jika beruntung dapat dijumpai kupu-kupu, kera, ataupun hewan-hewan lain.
Akses
Untuk menuju ke lokasi air terjun dibutuhkan mental petualang. Dari desa Sumber arum menuju lokasi air terjun Lider melewati beberapa perkebunan dan perkampungan dengan jalan yang belum beraspal. Kita akan melewati perkebunan pinus, kemudian perkebunan karet, kebun tebu dan kebun cengkeh. Sampai di pos terakhir kendaraan harus diparkir dan dilanjutkan dengan trekking jalan kaki sejauh ± 800 m. medan trekking ini juga cukup berat dengan menyeberangi 6-8 sungai sedalam 30-50 cm. lingkungan serta jalan yang belum dikembangkan dan dibangun memberikan kesan yang masih perawan.
Untuk menuju desa Sumber Arum ini dapat dijangkau dari dua jalur.
  1. Jalur pertama dari arah banyuwangi selatan, yaitu dari arah Jember, menuju ke Genteng. Dari Genteng menuju ke kecamatan Sempu dengan jarak tempuh sekitar 7 km. Dari kecamatan Sempu menuju kecamatan Songgon melalui desa Jambewangi  menuju desa Sumber Arum sejauh ± 7 km.  sesampainya di dusun Lider dilanjutkan menuju lokasi sampai pos terakhir yaitu setelah perkebunan cengkeh sekitar 3 km dan dilanjutkan dengan trekking jalan kaki. Selain melalui desa Jambewangi, menuju dusun Lider juga bisa ditempuh dari desa Sragi menuju dusun Lider.
  2. Jalur kedua di tempuh dari kota Banyuwangi menuju kecamatan Songgon dengan jarak sekitar 40 km. dari Kecamatan Songgon ini dilanjutkan menuju desa Sumber Arum kemudian ke dusun Lider.


Comments

  1. maaf, foto yang ada ceweknya..apa bener air terjun lider...

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya betul sampeyan mas, ada kesalahan dari kontributor fotonya. jado folder fotonya tercampur. kontributornya yang lg selfie di depan air terjun itu.
      Air terjun itu Air Terjun Bayu Lor.
      Terimakasih atas koreksinya

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pantai Watu Dodol, Watu Dodol, Patung Gandrung, Spot Mancing di Banyuwangi

PANTAI WATU DODOL Icon Selamat Datang Banyuwangi Wisata alam pantai Watu Dodol berada jalan utama masuk ke kota Banyuwangi. Di tandai dengan batu besar ditengah jalan yang menjadi tanda atau simbol dari pantai ini. Di samping itu terdapat patung patung penari gandrung yang khas banyuwangi dan bertuliskan “Selamat Datang di Kabupaten Banyuwangi”. sebagai icon selamat datang di banyuwangi bagi semua pengunjung dari arah Jember dan Situbondo. Jika kita turun ke area pantai, disitu akan ditemukan sumber air tawar yang keluar dari bebatuan yang tepat di pinggiran air laut. Keunikan lain yang dapat ditemukan di pantai Watu Dodol ini adalah batu karang yang bentuknya berbeda dengan batu karang kebanyakan. Batu karang di pantai Watu Dodol berwarna hitam mengkilap dan sangat keras. Tumbuhan kaktus juga banyak ditemukan tumbuh di sekitar bebatuan. tepat dibawah jalan raya, ditemukan goa peninggalan jepang sebagai pengintai di alur selat Bali. Patung Gandrung di Pantai Watu Dodol

Baluran National Park, Baluran, Taman Nasional Baluran,

  BALURAN NATIONAL PARK Little Africa In Java Taman Nasional Baluran adalah salah satu  Taman Nasional  di  Indonesia  yang terletak di wilayah  Banyuputih, Situbondo  dan  Wongsorejo, Banyuwangi  (sebelah utara),  Jawa Timur ,  Indonesia . Nama dari  Taman Nasional  ini diambil dari nama gunung yang berada di daerah ini, yaitu  gunung Baluran . Taman nasional ini terdiri dari tipe vegetasi  sabana , hutan  mangrove , hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun. Tipe vegetasi  sabana  mendominasi kawasan Taman Nasional Baluran yakni sekitar 40 persen dari total luas lahan. Savana di Taman Nasional Baluran Kumpulan Rusa Liar Gunung Baluran Taman Nasional Baluran memiliki beberapa obyek dan daya tarik wisata alam yang cukup beragam, terdiri dari kombinasi berbagai bentang alam mulai dari ekosistem laut hingga pegunungan, savana, dan keanekaragaman jenis satwa dan tumbuhan. Beberapa daerah di