Skip to main content

Pantai Rajegwesi, Pantai Rajekwesi, Pantai Rajeg Wesi Banyuwangi

PANTAI RAJEG WESI

Pantai Rajeg Wesi, Pantai Rajek Wesi, Rajegwesi, Pantai Rajegwesi Banyuwangi, Pantai Rajek Wesi Banyuwangi, Banyuwangi

Pantai Selatan yang Ramah




Pantai Rajegwesi, terletak di Desa Sarongan Kecamatan Pesanggaran dimana masyarakatnya sebagian besar berprofesi sebagai nelayan. Pantai ini memiliki ombak yang lebih kecil dibandingkan dengan pesisir pantai selatan lainnya, hal itu dikarenakan ada bukit dengan batu karang yang tinggi yang mampu menahan gelombang yang datang langsung dari pantai selatan (Samudra Hindia). Hal ini yang menjadikan pantai ini bernama Rajegwesi. Rajeg yang berarti tiang panjang / pagar dan wesi adalah besi, nama yang diambil dari bahasa jawa yang berarti pagar besi. Bebatuan dan bukit menjadi pemandangan yang sungguh menawan,dengan pasir bersih berwarna kecoklatan. Warna kecoklatan ini ditimbulkan karena endapan lumpur di sungai yang terbawa dan bermuara di pantai ini saat banjir tiba.

Rajegwesi.jpg
Pantai Rajekwesi, Pantai Rajegwesi, Pantai Rajek Wesi, Pantai Rajeg Wesi, Banyuwangi
"Rajegwesi" by (pembuat) - (sumber). Licensed under CC BY 3.0 via Wikipedia.

Pantai Rajegwesi merupakan pelabuhan bagi para nelayan tradisional yang sekaligus sebagai tempat pelelangan ikan, Jika wisatawan datang ditempat ini saat nelayan mendarat dari melaut,wisatawan dapat menyaksikan hasil laut yang dibawa dan masih segar, gotong royong dan saling bahu membahu saat nelayan lain tiba menandakan kearifan dan keramah tamahan  masyarakat sekitar terhadap sesama. Masyarakat yang datang membantu untuk mendaratkan kapal nelayan akan diberikan 2 ekor ikan segar. Budaya masyarakat sekitar terhadap keseimbangan alam ditampakkan dengan diadakannya selamatan pada hari jumat legi dalam kalender jawa dan upacara adat tradisi petik laut pada bulan assyura (suro) dengan memberikan persembahan kepada laut berupa kepala kambing dan seserahan lain yang dibawa dalam satu perahu kecil dengan hiasan aksesoris lain. Persembahan yang di berikan akan “di arak” ke laut lepas beramai ramai dengan menggunakan perahu nelayan.
Picked up
Perahu Nelayan Rajeg Wesi Banyuwangi, Pantai Rajeg Wesi, Banyuwangi

Selain pemandangan yang menawan, pantai rajegwesi sendiri juga merupakan pintu masuk dari destinasi wisata lain yang ada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Dengan menyeberang menggunakan jasa perahu nelayan setempat,anda akan dapat sampai di destinasi yang diinginkan seperti destinasi teluk hijau, wedi ireng dan destinasi lain sesuai yang masih masuk dalam satu kawasan.
Tidak jauh dari pantai Rajegwesi anda dapat mengunjungi desa Sarongan, disana anda dapat menyaksikan aktifitas masyarakat. Masyarakat daerah sarongan ini bermata perncaharian sebagai penderes dan pembuat gula merah. Penderes adalah mereka yang mengambil bahan baku gula merah yang diambil dari pohon kelama yang ditaman di kawasan perkebunan sungai lembu. Jika anda yang ingin menyaksikan pembuatan gula merah secara tradisional tempat ini menjadi rujukan bagi sebelum anda menuju destinasi selanjutnya. Anda juga bisa berbelanja beberap gula merah sebagai oleh – oleh.
Beach
Pantai Rajegwesi, Pantai Rajek Wesi
Akses
Tidaklah sulit untuk menempuh perjalan menuju destinasi wisata yang satu ini.bagi anda yang datang baik dari arah jember ataupun banyuwangi anda menuju kota jajag,dilanjutkan ke desa Pesanggaran, sarongan dan sampai di pantai Rajegwesi. Untuk mencapai lokasi ini belum terdapat angkutan umum, jadi harus menggunakan mobil pribadi atau carteran.
Jalanan yang sengaja dibiarkan alami dan tidak beraspal akan anda temui di sepanjang jalan desa sarongan, jalanan berlumbur dan berlubang memberikan kesan petualangan dan advanture. Dari desa ini sepanjang mata memandang akan disuguhkan pemandangan hamparan perkebunan yang sangat luas, mulai dari pohon jati, sengon, perkebunan karet, coklat. Bagi anda yang beruntung anda akan bertemu satwa yang berkeliaran di perkebunan ini seperti kera hitam,burung elang dan satwa lainnya.

 "Penginapan dan Hotel Murah Di Rajegwesi"

Comments

Popular posts from this blog

Pantai Watu Dodol, Watu Dodol, Patung Gandrung, Spot Mancing di Banyuwangi

PANTAI WATU DODOL Icon Selamat Datang Banyuwangi Wisata alam pantai Watu Dodol berada jalan utama masuk ke kota Banyuwangi. Di tandai dengan batu besar ditengah jalan yang menjadi tanda atau simbol dari pantai ini. Di samping itu terdapat patung patung penari gandrung yang khas banyuwangi dan bertuliskan “Selamat Datang di Kabupaten Banyuwangi”. sebagai icon selamat datang di banyuwangi bagi semua pengunjung dari arah Jember dan Situbondo. Jika kita turun ke area pantai, disitu akan ditemukan sumber air tawar yang keluar dari bebatuan yang tepat di pinggiran air laut. Keunikan lain yang dapat ditemukan di pantai Watu Dodol ini adalah batu karang yang bentuknya berbeda dengan batu karang kebanyakan. Batu karang di pantai Watu Dodol berwarna hitam mengkilap dan sangat keras. Tumbuhan kaktus juga banyak ditemukan tumbuh di sekitar bebatuan. tepat dibawah jalan raya, ditemukan goa peninggalan jepang sebagai pengintai di alur selat Bali. Patung Gandrung di Pantai Watu Dodol

Air Terjun Lider Songgon

AIR TERJUN DAN BAYU LOR LIDER Air terjun Lider adalah salah satu obyek wisata alam banyuwangi yang masih jarang dikunjungi. Letaknya yang agak jauh dari akses utama transportasi menjadi masalah utama. Obyek wisata ait terjun Lider ini terletak di lereng gunung Raung, di kawasan hutan lindung yang juga masuk dalam pengawasan Kawasan Resort Pemangku Hutan (KPRH) Perhutani Sidomulyo Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Kali Setail Kecamatan Sempu Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Banyuwangi Barat. Dinamakan Air Terjun Lider karena air terjun ini terletak di kawasan hutan lindung petak 74 Blok Lider. Secara administratif lokasi air terjun Lider ini masuk dalam wilayah dusun Sragi, desa Sumber Arum, Kecamatan Songgon. Berjarak ± 45 km dari pusat kota Banyuwangi. Perkebunan Pinus Menuju Lider, Jalur Menuju Air Terjun Lider Tumpahan air terjun memiliki tinggi ± 60 m. lokasi ini terletak sekita 1.300 m di atas permukaan air laut. Karena terletak dikawasan hutan lindung di lereng gunun

Baluran National Park, Baluran, Taman Nasional Baluran,

  BALURAN NATIONAL PARK Little Africa In Java Taman Nasional Baluran adalah salah satu  Taman Nasional  di  Indonesia  yang terletak di wilayah  Banyuputih, Situbondo  dan  Wongsorejo, Banyuwangi  (sebelah utara),  Jawa Timur ,  Indonesia . Nama dari  Taman Nasional  ini diambil dari nama gunung yang berada di daerah ini, yaitu  gunung Baluran . Taman nasional ini terdiri dari tipe vegetasi  sabana , hutan  mangrove , hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun. Tipe vegetasi  sabana  mendominasi kawasan Taman Nasional Baluran yakni sekitar 40 persen dari total luas lahan. Savana di Taman Nasional Baluran Kumpulan Rusa Liar Gunung Baluran Taman Nasional Baluran memiliki beberapa obyek dan daya tarik wisata alam yang cukup beragam, terdiri dari kombinasi berbagai bentang alam mulai dari ekosistem laut hingga pegunungan, savana, dan keanekaragaman jenis satwa dan tumbuhan. Beberapa daerah di